Rabu, 11 September 2019

RESENSI BUKU METODA BELAJAR DAN KESULITAN KESULITAN BELAJAR

MEMPERBAIKI CARA BELAJAR DAN MENGHADAPI KESULITAN-KESULITAN BELAJAR


Judul Buku : Metoda Belajar dan Kesulitan – Kesulitan Belajar
Pengarang : Drs. Oemar Hamalik
Penerbit : Tarsito
Tahun terbit : 2005
Tempat Terbit : Bandung
Cetakan : Ketiga (cetak ulang pertama)
Tebal Buku : 153 Halaman

Drs. Oemar Hamalik menulis buku iki didasarkan untuk membantu para siswa Sekolah Lanjutan Atas yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan harapan memperoleh angka yang baik. Para mahasiswa yang telah duduk di bangku Perguruan Tinggi ingin agar agar studinya dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Setiap orang tua ingin agar anaknya sukses. Guru -  guru berusaha memberikan bantuan dan bimbingan kepada para siswa agar mereka berhasil dalam pelajarannya. Pokok-pokok pikiran itulah yang mendorong penulis untuk menyusun karangan ini dengan maksud membantu para siswa-mahasiswa dan para pengajar serta orang-orang lainnya yang melakukan kegiatan belajar dalam bentuk petunjuk/pedoman, seehingga memudahkan mereka belajar dan atau memberikan bimbingan belajar kepada pihak lainnya.
Belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan. Tingkah laku yang baru itu misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, timbulnya pengertian-pengertian baru, perubahan sikap, kebiasaan-kebiasaan, ketrampilan, kesanggupan menghargai, perkembangan sifat-sifat sosial, emosional dan pertumbuhan jasmaniah. Kemudian, hasil belajar yang akan kita peroleh sangat bergantung kepada cara-cara belajar yang kita gunakan. Seperti halnya, kita harus memiliki cara belajar yang efisisen. Cara belajar yang efisien artinya cara belajar yang tepat, praktis, ekonomis, terarah, sesuai dengan situasi dan tuntutan-tuntutan yang ada guna mencapai tujuan belajar. Adapun selain cara-cara belajar yang harus dipahami, kita juga harus mengetahui hal-hal yang terkait dengan kesulitan-kesulitan belajar yang akan kita hadapi. Oleh karena itu, untuk dapat memahami itu semua kita dapat membaca melalui buku ini yang sudah memuat lima pokok pembahasan, antara lain (1) pendahuluan, (2) pembatasan belajar, (3) cara-cara belajar, (4) penilaian belajar, dan (5) kesulitan-kesulitan belajar. Kesemuanya mencakup keseluruhan proses belajar, dimana unsur-unsur dari psikologi belajar, metodologi mengajar, prosedur evaluasi, kurikulum dan bimbingan menjadi sumber bahan utma yang terpusat dalam buku ini.
Kelebihan buku ini adalah buku ini mampu menarik pembaca untuk mengetahui cara belajar yang efektif yang sesuai dengan karakter pembaca. Materi-materi yang disajikan di buku ini juga tersusun secara rapi dan teratur sehingga memudahkan pembaca untuk memahami  setiap bab dalam buku ini. Kita juga dituntut untuk merefleksi materi dalam buku yang terkait dengan kehidupan pribadi diri kita sendiri karena setiap akhir dari pokok pembahasan dalam buku ini disediakna pertanyan dan tugas. Kekurangan dari buku ini adalah masih terdapat beberapa kosakata yang belum sesuai dengan ejaan yang disempurnakan, serta terdapat kalimat-kalimat yang sulit dipahami terhadap pembaca terutama pelajar yang pemula. Buku ini sangat direkomendasikan untuk para pelajar maupun pengajar yang masih memiliki kesulitan-kesulitan dalam menyikapi aktivitas belajarnya sehingga diharapkan mampu menunjang perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Saya meminjam buku ini di Perpustakaan FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Info lebih lengkap bisa didapatkan di http://library.uny.ac.id http://uny.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar